0

Suasana sekolah yang masih terselimuti oleh pandemi Covid-19 dan menetapkan Tuban sebagai zona yang kurang aman. Mengakibatkan perubahan pembelajaran di lingkungan sekolah. KBIT Al Uswah Tuban berupaya menginovasi cara belajar dengan mengintegrasikannya dengan Youtube. Sehingga  mudah dilihat dan tak perlu mengunduh terlebih dahulu. Sehingga memori handphone menjadi cepat penuh.

Beragam inovasi dikembangkan untuk memudahkan belajar untuk anak-anak. Mulai dari pembuatan animasi bergambar, kartun bergambar serta tampilan yang menarik.

Dengan video pembelajaran yang terintegrasi dengan Youtube diharapkan anak-anak untuk lebih faham dan menarik minat anak untuk belajar di rumah. Dengan begitu anak juga akan lebih mudah mengenal nama ustazah yang mengajarnya meskipun pembelajaran masih jarak jauh.

Setiap kegiatan para ustazah berkreasi menampilkan fitur dan desain yang berbeda menyesuaikan kebutuhan dan tema pembelajaran saat itu. Pembelajaran KB (Kelompok Bermain) merupakan pembelajaran dasar yang menuntaskan beberapa aspek perkembangan dasar seperti mengenal barang di sekitar, mengenal nama nama orang tua. Atau bisa juga disebut dengan anak PAUD.

Yang notabennya merupakan seorang anak yang senang dengan bermain. Karena tingkat kecerdasan yang sesuai pada usia ini adalah bermain. Dalam pengajarannya anak diajak untuk bermain. Menghindari kata “tugas” karena mereka menganggap kata tersebut merupakan sebuah tuntutan yang harus bisa dilaksanakan.

Orang tua di rumah harus mampu menyelami kesukaan dari anak. Dengan kesukaanya orang tua berperan aktif ke dunia anak. Jika anak sudah merasa nyaman orang tua mulai menyisipkan materi yang diberikan dari sekolah. Teruslah memotivasi dan bisikan kata positif yang membuat anak merasa senang dan hari ini sungguh istimewa.

Karena belajar tidak harus duduk manis di dalam ruangan di era digital dewasa ini. Pintar tidak harus bisa menghafal a sampai z. Akan tetapi setiap anak memiliki kecerdasan masing–masing sesuai dengan karakteristiknya.

Tetaplah bersikap hangat pada anak sebagai teman. Ya, sebagai teman atau sahabat bukan sebagai pengatur namun tetap mengarahkannya. Insyaallah jika kita menarik maka anak akan tertarik. Anak adalah investasi yang tak ternilai harganya semoga waktu yang disisihkan di waktu pandemi ini akan menuai keberkahan dan bermanfaat bagi anak di rumah. (Yul/ed)

(Admin)


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
1
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Share this
Chat
Hallo Sahabat Al Uswah
Admin ChatAl Uswah CentreWhatsApp
Dsu Al UswahWhatsApp
Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format