0

KBIT Al Uswah mengenalkan lingkungan di Kota Tuban. Mulai dari tempat yang sering dikunjungi oleh wisatawan domestik dan luar kota. Di Kota Tuban sendiri banyak destinasi yang kerap dikunjungi. Salah satunya di komplek Masjid Agung Tuban, area Sunan Bonang, Museum Kambang Putih, Alun-alun Tuban, Pantai Boom, dal lainnya.

Dalam kesempatan ini KBIT Al Uswah mengadakan kunjungan ke Masjid Agung Tuban dan sekitarnya. Kunjungan Puncak Tema yaitu pengenalan pada anak-anak tentang kabupaten Tuban. Masjid Agung adalah tempat ibadah yang terkenal di Tuban dan sering dijumpai karena letaknya strategis di tengah-tengah kota.

Setelah melihat di beberapa bagian masjid, anak-anak dan guru shalat dhuha berjamaah. Membuat shaf rapi dan lurus, kemudian melakukan shalat bersama. Kebersamaan antar siswa dan guru senantiasa terjalin dengan baik. Pendampingan guru ke siswa dalam setiap momennya terus dilakukan. Setiap tema di pelajaran kelas disinkronkan untuk mendapati pemahaman yang utuh.

Segala aktivitas siswa di luar kelas bisa jadi tambahan ilmu bagi mereka. Sebagai contoh uang saku siswa sebagian diinfakkan ke kotak masjid selepas shalat. Anak-anak bersama dengan ustazah jalan-jalan untuk mengamati pusat oleh-oleh yang letaknya di selatan masjid Agung Tuban.

Foto bersama siswa dan guru (Foto: Humas/2020)

Mengamati di sekitar mereka jalan-jalan di Sunan Bonang. Terdapat banyak asesoris, baju, makanan, snack, permen dan lain-lain. Ustazah memahamkan pada anak untuk membeli barang atau sesuatu seperlunya saja dan uangnya cukup untuk dibeli. Tidak untuk membeli sebanyak-banyaknya.

Alhamdulillah anak-anak mengerti dan melaksanakan nasihat ustazah. Setiap kelas didampingi oleh dua ustazah. Mengawal anak, untuk memastikan keamanan dan ketertiban umum.

Proses pemberangkatan dimulai dari kelas madinah kemudian disusul kelas Arofah, kemudian kelas Mina. Dan, yang terakhir adalah kelas Makkah. Memastikan anak dekat dengan ustzah kelasnya masing-masing agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Acara berlangsung sesuai dengan jadwal. Anak–anak berkumpul kembali di Masjid Agung Tuban. Disertai membawa barang yang telah dibeli. Beberapa anak membeli gantungan kunci, kemudian permen dan lain sebagainya. Kini ananda telah “mengenal” Tuban secara langsung yang sebelumnya pemberian materinya lewat gambar dan cerita kemudian di kuatkan dengan kunjungan puncak tema. Yaitu terjun secara langsung berkunjung ke pusat kota Tuban.

Selain itu anak-anak memiliki pengalaman dan lebih segar untuk belajar di luar. Karena pembelajaran di luar sekolah akan memberikan nuansa yang beda dan menyenangkan. Tuban merupakan kota religi hal ini ditandai dengan mayoritas penduduknya beragama islam dan terdapat banyak makam wali sehingga disebut Tuban Bumi Wali.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Share this
Chat
Hallo Sahabat Al Uswah
Admin ChatAl Uswah CentreWhatsApp
Dsu Al UswahWhatsApp
Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format