0

Di era pandemi, fakta di lapangan menunjukkan angka bahwa anak-anak bayi lima tahun bermain smartphone cukup tinggi. intensitas bermain gadget anak menjadi perhatian khusus bagi ayah dan bunda. Ini memicu pada kesehatan mata anak itu sendiri yang terpapar radiasi layar handphone. Sebagai orangtua kita harus perhatian di kejadian ini. Perlu kiranya terus memperhatikan buah hati dalam segala aktivitasnya.

Kesehatan mata anak harus selalu dijaga. Nah, dalam rangka itu Kelompok Bermain Islam Terpadu (KBIT) Al Uswah Tuban memberikan edukasi dan sosialisasi kepada wali murid dan masyarakat umum bersama ahlinya secara online, 14 Juni 2021. Beliau dr. Irma Cholidah, Sp.M. (Dokter spesialis mata) yang telah lama berkecimpung di bidangnya. Dalam Webinar parenting ini mengangkat tema “Pentingnya Menjaga Kesehatan Mata Anak di Masa Pandemi”.

Ada beberapa cara menjaga kesehatan mata yang dapat dilakukan. Dengan mata yang sehat, sahabat pun dapat melihat dengan jelas dan melakukan rutinitas sehari-hari dengan lebih nyaman. Setiap aktivitas yang dilakukan sehari-hari, tidak terlepas dari peran mata sebagai indra penglihatan.

KBIT Al Uswah Tuban sebagai salah satu unsur di Lembaga Pendidikan Islam Terpadu (LPIT) Al Uswah, bersama orang tua dan masyarakat berusaha untuk saling bersinergi dalam pembinaan dan pendidikan anak.

Dokter Irma Cholidah (Foto: MC/2021)
Dokter Irma Cholidah (Foto: MC/2021)

Dalam proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), KBIT Al Uswah Tuban menggunakan kurikulum pendidikan nasional untuk Pendidikan Anak Usia Dini yang telah diubah dan dipadukan dengan kurikulum khas JSIT (Jaringan Sekolah Islam Terpadu). Kami pun berusaha menyinergikan kurikulum yang ada dengan visi serta misi lembaga. KBIT Al Uswah Tuban juga menjalin kerja sama dengan praktisi di luar dan wali murid yang ahli di bidangnya untuk memberikan edukasi seputar dunia anak.

Ustazah Wiwim Hidayati sebagai moderator (Foto: MC/2021)
Ustazah Wiwim Hidayati sebagai moderator (Foto: MC/2021)

Mengingat pentingnya fungsi mata, ada beberapa hal yang bisa sahabat lakukan untuk menjaga kesehatan mata, antara lain: Melalui pemeriksaan mata, dokter dapat memantau kondisi mata dan mendeteksi sejak dini masalah pada mata akibat penyakit tertentu. Disarankan untuk mengonsumsi makanan bernutrisi yang kaya akan kandungan vitamin A, vitamin C, vitamin E, lutein, selenium, dan asam lemak omega-3.

Foto bersama seusai kegiatan (Foto: Humas/2021)
Foto bersama seusai kegiatan (Foto: Humas/2021)

Menatap layar smartphone terlalu lama dapat menyebabkan mata lelah. Gejalanya bisa berupa sakit kepala, nyeri leher, sakit pada bahu dan punggung, mata kering, serta pandangan menjadi kabur. Jangan terlalu sering terpapar sinar ultraviolet. Disarankan untuk memakai kacamata hitam yang dapat melindungi mata dari sinar UVA dan UVB atau menggunakan topi bertepi lebar saat beraktivitas di siang hari.

 

 

 


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Share this
Chat
Hallo Sahabat Al Uswah
Admin ChatAl Uswah CentreWhatsApp
Dsu Al UswahWhatsApp
Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format