0

Al-Qur’an yang berisi 30 juz dengan 144 surat dan 6.666 ayat merupakan pedoman hidup yang sangat penting bagi umat Islam. Bahkan tak jarang, banyak umat Islam yang mampu menghafalkan al-Qur’an mulai dari orang dewasa hingga anak-anak. Sungguh mulia generasi yang berkomitmen dalam menghafal, memahami, menerapkan setiap kandungan intisari ayat-ayat suci Al-Qur’an.

Keagungan Al-Qur’an tidak dapat disangkal lagi. Dalil-dalil yang menunjukkan hal ini sangatlah banyak dan bertebaran baik di dalam Al-Qur’an maupun Sunnah. Selain itu juga dibuktikan dengan realita yang ada. Bahkan Al-Qur’an adalah sebaik-baik kitab yang Allah turunkan di muka bumi dan merupakan penyempurna kitab-kita terdahulu.

Banyak sekali keutamaan menghafal Al-Qur’an, tentu saja ini dapat menjadi motivasi kita untuk belajar Al-Qur’an dan juga mengajarkan Al-Qur’an pada anak-anak, bahkan tidak hanya keutamaan untuk diri sendiri, seorang penghafal qur’an juga akan memberi keutamaan untuk keluarga terutama kedua orangtuanya.

Jika demikian kenyataannya, maka tentunya orang-orang yang dalam hari-harinya disibukkan dengan Al-Qur’an baik dengan membacanya atau menghafalkannya mereka adalah sebaik-baik manusia, hal ini berbanding lurus dengan keagugan Al-Qur’an itu sendiri.

Berikut ini 5 keutamaan penghafal Al-Qur’an berdasarkan hadits Rasulullah:

  1. Menjadi keluarga Allah di dunia.
    “Sesungguhnya Allah mempunyai keluarga di antara manusia, para sahabat bertanya, “Siapakah mereka ya Rasulullah?” Rasul menjawab, “Para ahli Al-Qur’an. Merekalah keluarga Allah dan pilihan-pilihan-Nya.” (HR. Ahmad)
  2. Termasuk sebaik-baik manusia. “Sebaik-baik orang di antara kalian adalah orang yang mempelajari Al-Qur’an dan mengajarkannya” (HR. Bukhari)
  3. Dimuliakan oleh Allah. “Sesungguhnya termasuk mengagungkan Allah menghormati orang tua yang muslim, penghafal Al-Qur’an yang tidak melampaui batas (di dalam mengamalkan dan memahaminya) dan tidak menjauhinya (enggan membaca dan mengamalkannya) dan Penguasa yang adil.” (HR. Abu Daud)
  4. Mendapat syafaat dari Al-Qur’an. “Penghafal Qur’an akan datang pada hari kiamat dan Al-Qur’an berkata: “Wahai Tuhanku, bebaskanlah dia. Kemudian orang itu dipakaikan mahkota karamah (kehormatan). Al-Qur’an kembali meminta: Wahai Tuhanku, ridhailah dia, maka Allah meridhainya. Dan diperintahkan kepada orang itu, bacalah dan teruslah naiki (derajat-derajat surga). Dan Allah menambahkan dari setiap ayat yang dibacanya tambahan nikmat dan kebaikan.” (HR Tirmidzi)
  5. Para orang tua dari sang penghafal Al-Qur’an juga akan mendapatkan kemuliaan dari Allah. Dalam sebuah hadist disebutkan bahwa dari Buraidah al-Aslami ra, ia berkata bahwa ia mendengar Rasulullah Saw. bersabda “Siapa yang membaca Al-Qur’an, mempelajarinya dan mengamalkannya, maka dipakaikan mahkota dari cahaya pada hari kiamat, cahayanya seperti cahaya matahari, kedua orang tuanya dipakaikan dua jubah (kemuliaan), yang tidak pernah didapatkan di dunia, keduanya bertanya: mengapa kami dipakaikan jubah ini? Dijawab “Karena kalian berdua memerintahkan anak kalian untuk mempelajari Al-Qur’an”. (HR. Al Hakim)

Demikianlah keutamaan-keutamaan yang akan diberikan oleh Allah kepada para penghafal Al-Qur’an. Insyaallah..


Sumber:

At-Tibyan Fii Adabi Hamalat Al-Qur’an, Imam An-Nawawi

Akhlaq Ahlu Al-Qur’an, Muhammad bin Al-Husain Al-Ajurib

Rumahwakaf.org

Islami.co


Like it? Share with your friends!

0

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Share this
Chat
Hallo Sahabat Al Uswah
Admin ChatAl Uswah CentreWhatsApp
Dsu Al UswahWhatsApp