0

Al Uswah Centre Tuban melalui LPIT Al Uswah menyiapkan betul SDM yang mampu memberikan terbaik bagi masyarakat Tuban. Dengan selalu memperbaharui keilmuan yang dimiliki oleh guru dan pegawainya.

SDM dalam setiap lembaga, meskipun telah melalui tahap seleksi yang baik, tetap dalam pelaksanaan tugas dan tanggung jawabnya menghadapi persoalan yang tidak dapat di selesaikannya sendiri. Oleh karena itu perlu dilakukan pembinaan berkala di jajaran kelembagaan.

Direktur LPIT Al Uswah Tuban melakukan penguatan kompetensi guru dan pegawai baru hari ini Sabtu, 27 Februari 2021 di Lab. Bahasa SDIT Al Uswah Tuban. Ada 30 peserta yang ikut dalam kegiatan ini yang terdiri dari guru dan pegawai di semua jenjang. Keseriusan dalam rangka pembinaan pengembangan tersedianya SDM yang mempunyai komitmen tinggi dan berkualitas di lembaga perlu terus ditingkatkan.

Direktur LPIT Al Uswah Tuban (Foto: MC/2021)
Direktur LPIT Al Uswah Tuban (Foto: MC/2021)

Program peningkatan kapasitas tersebut harus mampu menjawab tersedianya SDM yang mumpuni dalam merespon kebutuhan yang teridentifikasi oleh pendidik, tenaga kependidikan, karyawan dan kepala sekolah.

Ustaz Mohamad Sahlan dalam pembinaan mengatakan perjalanan lembaga ini bisa lebih panjang dari usia kita. Saya sendiri sudah 16 tahun di sini. Dengan kondisi saat ini butuh perjuangan yang kuat untuk meraihkan. Perjuangan yang mungkin berbeda dari dahulu. Tantangan di setiap zaman berbeda.

Peserta saat diberikan materi oleh Direktur LPIT Al Uswah Tuban (Foto: MC/2021)
Peserta saat diberikan materi oleh Direktur LPIT Al Uswah Tuban (Foto: MC/2021)

Visi bisa tercapai dari spirit kita sama terus berjuang untuk berusaha. Kompetensi, kesejahteraan, layanan, kontribusi ke masyarakat. Jiwa karakter itu akan nyambung dengan daya juang dan semangat. Akan terus ketemu dengan orang yang sama jiwanya. Itu sudah rumus dalam berkehidupan.

Di tahapan 20 tahun pertama Al Uswah ini sampai di tahun 2022. Akan tergantung kualitas SDM hari ini. Niat yang baik akan ada hasil yang baik pula. Bahwa SDM adalah tonggak yang penting meraih tujuan.

Adapaun materi yang disampaikan perihal:

Standar Operational Prosedure (SOP). Ustaz dan Ustazah LPIT Al Uswah Tuban. Etika Berbusana Selama Proses Belajar Mengajar

Ustaz:

  • Berpakaian bersih, rapi dan harum
  • Memakai pakaian hitam putih setiap hari senin selama belum punya seragam
  • Memakai hem/kemeja dan berdasi jika belum punya seragam
  • Memakai songkok hitam
  • Potongan rambut pendek dan rapi
  • Bersepatu hitam dan berkaos kaki
  • Kuku pendek dan rapi/tidak memanjangkan kuku

Ustazah:

  • Berpakain bersih, rapi dan harum
  • Memakai pakaian hitam putih setiap hari senin selama belum punya seragam
  • Memakai pakain resmi atas bawah dan berjilbab kain segi empat
  • Pemakaian jilbab sampai menutup siku
  • Memakai kaos kaki dan bersepatu hitam dan tidak berhak (tidak jinjit)
  • Tidak ber-make up berlebihan (lipstick, eye shadaw, dll.)
  • Kuku pendek dan rapi/tidak memanjangkan kuku.

Kompetensi Guru & Pegawai LPIT Al Uswah Tuban.

Kompetensi merupakan suatu kemampuan yang mutlak dimiliki oleh guru agar tugasnya sebagai pendidik dapat terlaksana dengan baik

Kompetensi Kepribadian Keislaman

Komitmen syar’i yaitu kemampuan untuk berpikir, mengambil keputusan, dan bertindak sesuai dengan koridor syariat islam.

Pribadi abid yaitu bersegera dalam melaksanakan ibadah wajib dan sunnah, juga dalam mensucikan jiwa.

Pribadi teladan yaitu kemampuan menampilkan ucapan dan perilaku yang sesuai dengan standar akhlaqul karimah dalam segala situasi dan kondisi.

Kematangan pribadi yaitu kemampuan melakukan penilaian yang objektif terhadap diri sendiri, orang lain, dan kejadian yang ada di sekitarnya, sehingga dapat menunjukan sikap dan tindakan yang tepat terhadap diri sendiri dan orang lain.

Sikap kemurabbian yaitu kecenderungan untuk selalu membimbing dan mengembangkan orang lain ke arah yang lebih baik.

Bugar dan seimbang yaitu Menghindarkan diri dari makanan yang merusak kesehatan.

Hasrat berprestasi yaitu kecenderungan untuk mencapai standar kinerja yang tinggi.

Kompetensi Pedagogik

Kemampuan memahami peserta didik yaitu kemampuan memahami ciri fisik, watak, karakter, temperamen, emosinal, kecenderungan, dan lingkungan yang membentuk diri siswa dengan prinsip-prinsip perkembangan kognitif dan prinsip-prinsip kepribadian dan mengidentifikasi bekal-ajar awal siswa

Skill mendidik/pengasuhan yaitu keterampilan menggunakan teknik-teknik mengubah tingkah laku, menanamkan nilai, dan mengembangkan kepribadian sehingga dapat mengembangkan karakter siswa sesuai dengan ciri-ciri yang diharapkan dalam setiap level.

Skill pengajaran diantaranya kemampuan merancang pembelajaran.

Skil mengembangkan orang lain yaitu kemampuan menggunakan teknik bimbingan dan konseling dalam rangka mengarahkan siswa untuk mengembangkan potensi yang dimiliki, pemilihan profesi, dan penguasaan keterampilan hidup.

Penguasan komunikasi empatik yaitu kemampuan untuk memahami persoalan dari sudut pandang lawan bicara, menghargai sudut pandang tersebut, dan menyampaikan gagasan baru dari sudut pandang tersebut

Kreatif-inovatif yaitu kemampuan mengembangkan gagasan baru guna meningkatkan efektifitas pembelajaran dan penyelesaian terhadap masalah yang dihadapi.

Skill evaluasi yaitu merancang dan melaksanakan evaluasi (assessment) proses dan hasil belajar secara berkesinambungan dengan berbagai metode; menganalisis hasil evaluasi proses dan hasil belajar untuk menentukan tingkat ketuntasan belajar (mastery learning), memanfaatkan hasil penilaian pembelajaran untuk perbaikan kualitas program pembelajaran secara umum.

Akrab IT yaitu kemampuan menggunakan teknologi informasi untuk menunjang kegiatan belajar.

Kompetensi Profesional

Menguasai substansi keilmuan yang terkait dengan bidang studi yaitu: memahami materi ajar, memahami struktur, konsep dan metode keilmuan yang menaungi atau koheren dengan materi ajar, memahami hubungan konsep antarmata pelajaran terkait, dan menerapkan konsep-konsep keilmuan dalam kehidupan sehari-hari.

Menguasai struktur dan metode keilmuan yaitu menguasai langkah-langkah penelitian dan kajian kritis untuk memperdalam pengetahuan/materi bidang studi.

Kompetensi sosial diantaranya mampu berinteraksi positif dengan warga sekolah, mampu berinteraksi secara positif dengan orang tua siswa, mampu berinteraksi positif masyarakat sekitar sekolah, dan mampu berinteraksi positif dengan berbagai pihak dalam rangka meningkatkan profesinya.

(Admin)


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
2
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Share this
Chat
Hallo Sahabat Al Uswah
Admin ChatAl Uswah CentreWhatsApp
Dsu Al UswahWhatsApp
Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format