0

Peningkatan sumber daya manusia (SDM) terus dilakukan oleh direktorat Lembaga Pendidikan Islam Terpadu (LPIT) Al Uswah Tuban terus dipacu. Dalam kesempatan kali ini, LPIT Al Uswah menggelar pelatihan untuk seluruh guru via zoom meeting bersama Ustaz M. Edris Effendi Direktur Pendidikan Al Uswah Surabaya, Sabtu, (10/7/2021).

Peningkatan kapasitas intelektual seluruh guru untuk menyikapi dan menghadapi pembelajaran selama pandemi tahun pelajaran baru. Mengingat Senin, 12 Juli 2021 telah resmi dimulai tahun ajaran baru. Peserta dalam pelatihan ini berjumlah 230 orang. Panitia menerapkan tata tertib pelatihan, di antaranya:
1. Berniat sungguh-sungguh belajar karena Allah SWT
2. Tidak mengerjakan pekerjaan lain selama mengikuti pelatihan
3. Menyalakan video selama proses pelatihan berlangsung
4. Aktif dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh pemateri
5. Menyalakan dan mematikan audio sesuai instruksi pemateri

Adapun susunan acara pelatihan :
1. Pembukaan
2. Tilawah
3. Prakata dari bidang pendidikan: Ustaz Mohamad Sahlan
4. Sambutan dan arahan dari bagian SDM: Ustazah Peni Agustini
5. Pemateri: Ust M. Edris Effendi

Kepala Bidang Pendidikan menyampaikan ada tiga hal untuk meningkatkan mutu pendidikan, yakni mindset (pola pikir), sistem (kebijakan), leadership (kepemimpinan). Tiga hal ini perlu disinergikan agar tercipta keseimbangan dalam pendidikan. Guru perlu terus meningkatkan kualitas diri untuk terus tumbuh dan berkembang. Tumbuh sesuai harapan di era pandemi.

Mindset yang perlu dibangun oleh guru merupakan pola pikir yang maju. Pola pikir yang terus berkembang. Berpikir yang positif dan luas. Kedua sistem yang baik, artinya ke ranah kebijakan. Kebijakan yang tepat untuk pengembangan lembaga. Ketiga kepemimpinan, menjadi pemimpin tidak harus mempunyai jabatan. Memimpin untuk dirinya sendiri. Mengelola tanggungjawab dirinya terhadap setiap tugas-tugas yang diemban.

Sedangkan Ustazah Peni Agustini menyampaikan bahwa penataan SDM di lingkup Al Uswah yang tanpa job telah selesai. Semua telah ditata dan mempunyai job disc masing-masing. Bahwa perubahan itu pasti, kami tempatkan di bidang baru untuk lebih memaksimalkan peran. Tetap semangat di tugas baru bagi yang pindah bidang/divisi. Selamat bertugas.

Flyer resmi acara (Sumber: MC/2021)
Flyer resmi acara (Sumber: MC/2021)

Kami terus berupayan memenuhi hak-hak dari seluruh guru dan pegawai. Jika sudah masuk menjadi tetap, maka kami berikan sesuai aturan yang berlaku. Raport kinerja menjadi salah satu indikator dalam penempatan guru/pegawai. Sinergi antar bidang diharapkan tercapai secara maksimal. Mohon bisa dipahami bagi seluruh guru dan pegawai. Kita punya lembaga sosial sendiri, dan bisa dimaksimalkan di dalam untuk kegiatan terdekat ini, Idul Adha.

Di sesi pelatihan dengan Ustaz Edris mengangkat tema “Great Leader Create Great School”, sub tema tantangan dan kewajiban sebagai pendidik, mengokohkan kepribadian, dan komitmen pendidik. Selama 3 jam Ustaz Edris menyampaikan dengan tema tersebut. Interaktif langsung dengan pemateri.

Prinsip umum layanan pendidikan, prioritas pada program unggulan yang harus dikawal dan dituntaskan: Tugas pengajaran tetap menjadi tanggung jawab guru, bukan dialihkan ke ortu. Menciptakan suasana belajar lebih utama dibanding mengejar ketuntasan materi. Jadikan para siswa sibuk dengan aktivitas yang positif. Menjaga komunikasi dan menguatkan sinergi dengan orang tua.

Sekolah yang bagus itu setiap tahunnya apa program terobosan baru yang bisa dilaksanakan di sekolah. Tugasnya Guru Meningkatkan Kemampuan. Setiap guru harus terus berusaha meningkatkan kemampuannya agar mampu memberikan layanan pembelajaran yang
diminati siswa, belajar secara mandiri maupun privat kepada rekannya. Mengikuti Kebijakan Lembaga: Pada masa pandemi ini memungkinkan terjadi perubahan kebijakan sewaktu-waktu yang menyesuaikan dengan kondisi pandemi, guru siap mengikuti setiap kebijakan. Layanan Terbaik: Terus menjaga kepercayaan dari orang tua dan siswa denga memberikan layanan yang terbaik.
Menjaga Kesehatan: Menjaga kondisi tubuh tetap dalam kondisi fit, dan saat bekerja menerapkan VDJ (Ventilasi, Durasi, Jarak)
Produktif Kerja: Ketika tidak mengajar dioptimalkan untuk belajar atau produksi materi pembelajaran online.

(admin)


Like it? Share with your friends!

0

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Share this
Chat
Hallo Sahabat Al Uswah
Admin ChatAl Uswah CentreWhatsApp
Dsu Al UswahWhatsApp