0

Semarak pembukaan Pendaftaran Peserta Didik baru (PPDB) Tahun Pelajaran 2020/2021 di lingkup Lembaga Pendidikan Islam Terpadu (LPIT) Al Uswah Tuban turut dimeriahkan oleh artis top nasional, pendakwah, dan penulis, Oki Setiana Dewi di Gedung Graha Sandiya Perdin Semen Indonesia Sumurgung Tuban pada Senin, (6/1/2020) pagi.

Gempita acara ini mampu menyedot perhatian publik yang luar biasa sehingga gedung Graha Sandiya penuh sesak oleh ribuan orang. Tentu yang menjadi pusat perhatian adalah Oki Setiana Dewi pemeran utama di film Ketika Cinta Bertasbih (2008), Ketika Cinta Bertasbih 2 (2009), Demi Cinta (2017). Dan penulis buku Hijab I’m In Love (2013). Dan ketika tahun 2010 berhasil meraih Indonesian Movie Awards 2010 untuk kategori Aktris Pendatang Baru Terbaik dan Aktris Pendatang Baru Terfavorit dalam film Ketika Cinta Bertasbih.

PPDB di tahun 2020 ini sekaligus menandai 17 Tahun Perjalanan Al Uswah di dunia pendidikan khususnya di Kabupaten Tuban. Yang dikemas dengan agenda Al Uswah Fest 2020 yang bertajuk “17 Tahun Membangun Generasi” dengan tiga misi utama, yakni Talkshow, Kaleidoskop Perjalanan 17 Tahun Al Uswah, dan Launching Ikatan Alumni Al Uswah.

Peserta memadati acara Al Uswah Fest 2020 di Graha Sandiya bersama Artis, Penulis, dan Pendakwah, Oki Setiana Dewi

Talkshow ini dipandu oleh Rita Fatmawati yang telah malang melintang di setiap acara di lingkup pendidikan Tuban. Oki Setiana Dewi didapuk sebagai pemateri parenting skill yang diintegrasikan dengan nilai-nilai Alquran dan Sunah. Selaras dengan pola pendidikan dan pengasuhan di LPIT Al Uswah Tuban.

 “Insyaallah Al Uswah ini pola pengasuhannya baik.” Terangnya disela-sela memberikan materi di hadapan peserta.

Oki Setiana Dewi menyampaikan bahwa dalam mendidik anak tak lepas dari bimbingan intensif orangtua di rumah dan lingkungan. Oki menjelaskan mendidik anak ala Lukmanul Hakim sebagaimana yang ada di dalam Alquran Surah Luqman ayat 13-19. Dalam ayat ini terdapat 7 point utama. Pertama, ayat ke-13. Mendidik anak. Yang paling utama ajarkan tentang tauhid. Wahai anakku segala sesuatu yang menciptakan adalah Allah. Minta pertolongan dan perlindungan kepadaNya.

Kedua, ayat ke-14. Bakti kepada orangtua. Ini yang menjadi bagian utama juga. Bahwa setiap anak wajib berbakti dan sopan santun kepada orangtua-nya. Sebelum menginginkan anak berbakti, orangtua harus memberikan teladan yang baik kepada anaknya.

Ketiga, ayat ke-15. Pengecualian menaati perintah kedua orangtua. Tetap bertindak santun kepada orangtua tatkala (ada) orangtua yang menyuruh ke perbuatan negatif. Tidak diperkenankan menaatinya, namun bisa mengingatkan bahwa apa yang disuruh merupakan perbuatan tak baik.

Keempat, ayat ke-16. Muraqobah (merasa selalu diawasi oleh Allah), kalau terjadi apa-apa yang baik dan buruk itu ada balasannya dari Allah.

Kelima, ayat ke-17. Salat, dakwah, dan sabar. Ajarkan salat sejak dini. Bisa menjadi manfaat kebaikan bagi teman-temannya. Mengajak untuk selalu menjalankan kebaikan. Menanamkan empati dan simpati.

Keenam, ayat ke-18. Ajarkan Akhlak yang bagus.Saling menghargai dan menghormati sesama manusia yang dilandasi taat kepada Allah.Bahwa mengajarkan bahwa ungkapan rasa syukur. Larangan terhadap sifat takabur dihadapan orang lain.

Ketujuh, ayat ke-19. Ajarkan pola hidup sederhana. Biasa saja baik dalam berjalan dan berbicara . mempunyai arti menghargai orang lain dengan cara berkomunikasi secara baik. Bentuk-bentuk komunikasi yang baik diungkapkan dalam ungkapan qaulan kari>ma (perkataan yang mulia).

Sementara itu dari perwakilan wali murid, Hidayati, mengungkapkan dengan adanya pembicara yg ternama itu menambah nilai plus dari acara kemarin tentunya mampu menambah semangat wali murid maupun alumni-alumni yang semangat untuk hadir. Ujar wali murid yang pernah menjabat sebagai pengurus POMG ini.

“Alhamdulillah karena Al Uswah juga sudah memiliki nama di Bumi Wali Tuban tercinta ini dengan segala prestasinya. Untuk tema acara juga sangat bagus terutama untuk para wali murid akhirnya mengetahui bagaimana proses dalam mendidik buah hati kita secara islami. Saya khususnya dan semua wali murid pada umumnya insyaallah sangat puas dengan acara kemarin.” Cetus Mama Atalla tersebut.

Untuk Al Uswah semangat membangun negeri semangat berkarya dan selalu semangat mencetak generasi generasi millenial yang berbasis agama islami. Selalu bahagia menjadi keluarga besar Al Uswah, insyaallah. Harapannya.


Like it? Share with your friends!

0

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Share this
Chat
Hallo Sahabat Al Uswah
Admin ChatAl Uswah CentreWhatsApp
Dsu Al UswahWhatsApp