0

Pengawalan sumber daya manusia (SDM) di lingkup Al Uswah Tuban terus dikawal oleh Direktorat LPIT Al Uswah Tuban. Proses pengawalan untuk kepala sekolah dan wakil kepala di jenjangnya melalui upgrading dan leadership forum bertajuk “Karena Visi dan Alasan” dilaksanakan di Aula SMPIT Al Uswah Tuban Selasa, (12/12/2021).

Dalam forum ini difokuskan untuk memberikan pengarahan ke unsur pimpinan di jenjang agar mampu mengelola (manajerial) SDM dalam mencapai target yang ditentukan. Peran pimpinan di jenjang sangatlah sentral dalam proses pembelajaran dan operasional lembaga. Direktorat penting untuk terus mengawal tahapan ini di tiap bulannya.

Pembukaan acara (Foto: MC/2020)
Pembukaan acara (Foto: MC/2021)

Sinergisitas antar tim dalam setiap kelembagaan mempunyai andil penting. Tugas seorang leader itu sangat kompleks. Urusannya bukan saja mencapai target yang ditetapkan, memajukan lembaga, dan praktis semata. Leader wajib memiliki kompetensi dan skill mengelola manusia atau anggota timnya.

Pembinaan pengembangan tersedianya SDM unggul, kreatif dan berkarakter di lembaga perlu terus ditingkatkan. Sederat program peningkatan kapasitas tersebut harus mampu menjawab tersedianya SDM di era distrupsi dewasa ini. Yang mumpuni dalam merespon kebutuhan lembaga.

Leadership forum (Foto: MC/2021)
Leadership forum (Foto: MC/2021)

Direktur LPIT Al Uswah Tuban, ustaz Mohamad Sahlan selaku fasilitator menyampaikan bahwa pada dasarnya kita semua pemimpin. Kenapa kita masih tetap mengemban amanah sebagai pemimpin? sebab ada visi yang harus kita capai. Karena ada alasan kuat kita dikasih amanah tersebut. Karena visi dan alasan yang kuat bisa bertahan sampai sekarang amanah itu di pundak kita.

Ada 7 prinsip pemimpin sukses. Pertama: memimpin mampu menjadikan segalanya nyata. Kedua: pemimpin mendengarkan dulu, baru memimpin. Ketiga: pemimpin menjawab pertanyaan dengan jelas dan terarah. Keempat: pemimpin menguasai visinya sehingga mampu bekerja. Kelima: pemimpin selalu penuh keingintahuan. Keenam: pemimpin selalu mendengar dari dua sisi. Ketujuh: pemimpin selalu memiliki persiapan.

Peserta leadership forum (Foto: MC/2020)
Peserta leadership forum (Foto: MC/2021)

Forum ini akan diadakan setiap bulannya dengan rutin. Bahwa Al Uswah sangat serius menyiapkan SDM yang unggul untuk pendidikan kualitas di Indonesia. Bagaimana cara elegan dengan anggota tim? Bagaimana memotivasi dan menginspirasi mereka agar bekerja secara optimal? Bagaimana melakukan regenerasi dengan mencetak leader-leader baru di masa depan? Dan masih banyak lagi.

Kompetensi dan skill ini PENTING dimiliki seorang leader. Untuk bisa tumbuh dan berkembang. Menjadi great leader sukses, disegani, jadi panutan, dan dikenang.

(Admin)


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Share this
Chat
Hallo Sahabat Al Uswah
Admin ChatAl Uswah CentreWhatsApp
Dsu Al UswahWhatsApp
Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format