0

Oleh: Masruhin, MA*

Musim hujan telah tiba. Tanah mulai basah dan gembur. Waktu yang tepat untuk menanam. Menanam tanaman apa saja, karena InsyaAllah, segala yang tumbuh di muka bumi ini ada manfaatnya. Bisa tanaman pangan, tanaman buah, tanaman hias atau tanaman yang berfungsi untuk kerindangan. Silakan saja, yang penting anda mau bergerak untuk menanam pohon.

Bergeraklah untuk menanam pohon. Tidak perlu menunggu ada gerakan menanam pohon. Karena sesungguhnya menanam pohon itu merupakan amalan muta’addi. Amalan yang manfaatnya untuk orang lain. Tentunya dari sisi pahala juga sangat besar.

Masruhin, Kepala SMAIT Al Uswah Tuban (Foto: Hisyam/2019)

Beberapa dalil tentang amalan menanam pohon adalah : Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tidaklah seorang muslim menanam tanaman lalu dimakan oleh manusia, hewan atau burung kecuali hal itu merupakan shadaqah untuknya sampai hari kiamat.” (HR. Muslim, no. 1552)

Dalil yang lain : “Tidaklah seorang muslim menanam tanaman melainkan apa yang dimakan dari tanaman tersebut akan menjadi sedekah baginya. Apa yang dicuri dari tanaman tersebut merupakan sedekahnya. Apa yang dimakan oleh binatang buas dari tanaman tersebut merupakan sedekahnya. Apa yang dimakan oleh seekor burung dari tanaman tersebut merupakan sedekahnya. Tidaklah dikurangi atau diambil oleh seseorang dari tanaman tersebut kecuali merupakan sedekahnya.” (HR. Muslim, no. 1552)

Jadi menanam pohon merupakan amalan baik yang ada landasannya. Jelas perintah dan anjurannya. Dibalik sabda Rasulullah di atas ada hikmah dan manfaatnya. Ada timbal baliknya, baik di dunia maupun di akhirat.

Bukankah akan lebih bermanfaat jika di sekitar kita, halaman rumah, sepanjang jalan, dan di kebun-kebun kita, tumbuh pohon yang rindang dan berbuah banyak, daripada di sekitar kita kosong dan kering tidak ada tanaman ataupun pohon sama sekali. Manusia bisa berteduh di bawahnya, menikmati buahnya, burung-burung akan singgah dan juga menikmati buahnya, udara menjadi segar, dan tanah tidak mudah longsor. Itulah beberapa manfaatnya. Dan beruntunglah bagi penanamnya. Ia bukan saja memanen buahnya tetapi juga pahalanya kelak di hari akhir.(MB/19) *Kepala SMAIT Al Uswah Tuban


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Share this
Chat
Hallo Sahabat Al Uswah
Admin ChatAl Uswah CentreWhatsApp
Dsu Al UswahWhatsApp
Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format