0

Oleh: Peni Agustini, S.Pd*

Menjadi seorang guru, mungkin bagi sebagian guru bukanlah cita-cita awal, namun karena keadaan yang menuntut seseorang untuk terjun di dalamnya. Salah satu alasannya adalah “kesasar”. Namun apapun awal kondisi ketika menjadi guru tidaklah menjadikan terlena dengan keadaan ini dan membuat banyak permakluman atas kondisi yang ada.

Setelah menjadi guru, banyak sekali amanah yang diemban. Dari sekian amanah itu ternyata amanah menjadikan anak-anak siap hidup di masanya itu yang paling berat. Bagaimana kita bisa menjadi contoh nyata dalam keseharian. Sudahkah semua guru bisa? Pertanyaan yang hanya bisa dijawab secara pribadi dan dari lubuk hati yang paling dalam.

Sebaik-baik guru dan teladan adalah Nabi Muhammad SAW, seperti yang dijelaskan QS. Al Ahzab: 21, “Sesungguhnya telah ada pada diri Rasulullah itu suri tauladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan kedatangan hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah”. Jadi ketika kita ingin mengajarkan apapun kepada murid, mengacalah pada beliau. Apakah sudah cukup?

Mengajar saja atau menyampaikan teori saja ternyata tidaklah cukup, karena anak-anak kita membutuhkan figur yang bisa dicontoh. Maka itulah seorang guru bisa meneladani Rasulullah terlebih dahulu agar anak-anak pun bisa dengan mudah untuk menyontohnya. Bukankah kepribadian atau tingkah laku sehari-hari seorang guru menunjukkan keimanannya?

Semuanya tentu tidak instan, perlu pembelajaran dan pembiasaan yang lama, dan hanya guru yang benar-benar menginkan muridnya menjadi pengikut Rasulullah berikutnya yang mampu bertahan. Berusaha meneladani sifat-sifat Rasulullah yaitu siddiq, amanah, tabligh dan fatonah dalam aktivitas keseharian

Keimananlah yang mendorong seorang guru untuk melahirkan generasi-generasi berikutnya dengan baik, senantiasa melakukan kebaikan dan menjauhi kezaliman. Ini menunjukkan bahwa iman yang baik akan menjadikan pribadi itu layak untuk dicontoh, karena tentu budi pekertinya akan baik.

Seiring waktu, harapan kita juga diiringi dengan doa semoga anak-anak kelak menjadi pribadi-pribadi muslim yang akhlaqnya seperti yang dicontohkan Rasulullah memaui kita para guru-gurunya. *Kepala TKIT Al Uswah Tuban


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
1
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Share this
Chat
Hallo Sahabat Al Uswah
Admin ChatAl Uswah CentreWhatsApp
Dsu Al UswahWhatsApp
Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format