0

Sumber daya manusia (SDM) menjadi salah satu faktor dominan yang menentukan kualitas lembaga. Dalam suatu lembaga pendidikan, diperlukan jaminan SDM yang unggul dan berkarakter kuat dalam membangun peradaban. Pendidikan yang mampu memberikan perubahan yang berarti untuk anak didik dan lingkungan.

Pendidikan memerlukan SDM berkualitas untuk melaksanakan perannya dalam melayani kebutuhan pendidikan masayarakat. Kebutuhan pendidikan tersebut meliputi kebutuhan yang bersifat praktis situasional maupun bersifat prediktif antisipatif bagi transformasi sosial.

Dasar yang kuat yang dimiliki oleh LPIT Al Uswah Tuban dalam memberikan layanan pendidikan Islam di Tuban terus digaungkan. Seiiring berjalannya waktu, lembaga terus berupaya mengembangan SDM guru demi terwujudnya pendidikan yang berkualitas.

LPIT Al Uswah Tuban sejak berdiri tahun 2002 terus menunjukkan dan membuktikan kontribusinya terhadap perbaikan generasi bangsa. Komponen-komponen pendidikan diupayakan sesuai standar dan optimal.

Simak munaqosyah tahfiz (Foto: MC/2021)
Simak munaqosyah tahfiz (Foto: MC/2021)

Baik Standar Nasional Pendidikan (BSNP) maupun Standar Mutu Sekolah Islam Terpadu (SM SIT), terus diperbaiki dan dibenahi. Karena hal ini sudah menjadi misi sekolah yakni senantiasa melakukan pengembangan mutu dan ekspansi lembaga, serta SDM dengan prinsip learning and growing.

Terdapat ima domain dalam membangun kualitas SDM: profesionalitas, daya kompetitif, kompetensi fungsional, keunggulan partisipatif, dan kerja sama. Diperlukan total quality qontrol (TQC) dan program diklat terpadu agar tercapai efektivitasnya.

Ustazah Lilis Sri Sulistyowati munaqosyah hafiz 5 juz. Juz 1 – 2, juz 28 – 30. Beliau menuntaskan ujian kurang 2,5 jam dengan baik dan lancar. Menghafalnya selayaknya membaca Al-Qur’an (muraja’ah) yang disiarkan langsung melalui media sosial Facebook. Masyarakat umum bisa menyimak dengan siaran tersebut. Alhamdulillah berjalan lancar dan fasih.

Disaksikan dan disimak oleh tim penguji. Di hari Jumat, 22 Januari 2021 dari Studio Podcast lantai II SDIT Al Uswah Tuban, Jalan Al Falah II Gang Al Uswah No. 06 Latsasi Tuban. Pembiasaan mengajar Al-Qur’an santri di SMPIT Al Uswah Tuban turut andil dalam lancarnya ujian. Adapun ada kesalahan sedikit, dirasa wajar.

Tiga item yang diuji, yakni kelancaran hafalan, tajwid dan fashohah (jelas, fashih dan nampak).

Ustazah Lilis bersama putri sesuai ujian munaqosyah tahfiz (Foto: MC/2021)
Ustazah Lilis bersama putri sesuai ujian munaqosyah tahfiz (Foto: MC/2021)

“Untuk persiapan tasmi’ 5 juz ini hampir sebulan ini, saya tidak pernah tilawah di juz yang lain selain juz yang akan ditasmi’kan. Kecuali pada hari Jumat membaca surah al-kahfi tetap saya baca. Selanjutnya untuk tilawah dan murojaah itu hampir sebulan ini. Mungkin tidak pernah tilawah yang lain selain 5 juz yang akan saya tasmi’kan ini,” kata ustazah Lilis.

Beliau mengatakan, alhamdulillah saya tidak menyangka berhasil setor 5 juz meskipun yang menyimak tidak full dari awal sampai akhir. Karena memang sangat berat sekali untuk menyimak dari pada tasmi’ yang bagi saya. Terima kasih kepada ustaz Ahmad Maftuhin (Kepala Divisi Al-Qur’an LPIT Al Uswah), ustaz Ikhwan Fahrudin (Kepala Divisi Media LPIT Al Uswah) serta putriku tercinta yang menemani saya dari awal sampai akhir 5 juz.

Saya ingat sebuah pesan sebaik-baik kalian adalah yang belajar Al-Qur’an dan mengajarkannya. Itu mungkin motivasi utama bagi saya sejak kecil. Bagi saya berusaha untuk menanamkan kepada diri saya bahwa baca Qur’an itu harus menjadi kesenangan. Harus menjadi hobi seperti ketika orang itu menyenangi.

Menyanyi seperti itu ketika orang telah menyenangi nonton. Sedangkan baca Qur’an ini adalah wajib hukumnya bagi kita umat muslim. Untuk menyenangi membaca Al-Qur’an tilawah Qur’an seperti kita menyenangi hobi-hobi kita. Dan yang terpenting disini adalah ketika kita diberikan keistikamahan oleh Allah. Dengan Istikamah memurojaah hafalan Qur’an yang kita miliki hingga nanti jasad kita berpisah dengan ruhnya.

LPIT Al Uswah sendiri mewajibkan gurunya untuk terus meningkatkan kualitasnya. Di SMPIT Al Uswah Tuban memberikan jaminan mempunyai akidah yang lurus, beribadah yang benar, mampu membaca dan menghafal Qur’an dengan tartil.

Sehingga siswa ketika lulus dari SMPIT Al Uswah Tuban minimal mempunyai hafalan minimal 5 juz untuk grade bawah dan 15 juz di grade atas (STQ).

Ustaz Ahmad Maftuhin dan tim Wafa berusaha serius memberikan kontribusi optimal dalam pendidikan Al Uswah dan di Kabupaten Tuban secara umum. Menjadi kota penghafal Al-Qur’an. Terus konsisten memperjuangkan dan merealisasikan cita-cita besar Islam.

(Admin)


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Share this
Chat
Hallo Sahabat Al Uswah
Admin ChatAl Uswah CentreWhatsApp
Dsu Al UswahWhatsApp
Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format