0

Sebagai Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) di Kabupaten Tuban peran untuk menyukseskan program pemerintah amatlah besar. Tanggung jawab besar sekolah pengelola lembaga pendidikan tidak mudah untuk ketuntasan mutu pendidikan dan hasil belajar siswa. Salah satunya, termasuk dalam pemenuhan sarana dan prasarana (sarpras) pendukung. Alhamdulillah di SMPIT Al Uswah Tuban untuk sarana penunjang telah memenuhi standart nasional untuk menggelar asesmen nasional secara mandiri.

Flyer resmi (Sumber: Humas/2021)
Flyer resmi (Sumber: Humas/2021)

Dilansir dari anbk.kemdikbud.go.id, Asesmen Nasional adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran. Informasi-informasi tersebut diperoleh dari tiga instrumen utama, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.

Santri melaksanakan ANBK (Foto: Humas/2021)
Santri melaksanakan ANBK (Foto: Humas/2021)

Asesmen Nasional perlu dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Asesmen ini dirancang untuk menghasilkan informasi akurat untuk memperbaiki kualitas belajar-mengajar, yang pada gilirannya akan meningkatkan hasil belajar murid. Asesmen Nasional menghasilkan informasi untuk memantau (a) perkembangan mutu dari waktu ke waktu, dan (b) kesenjangan antar bagian di dalam sistem pendidikan (misalnya kesenjangan antarkelompok sosial ekonomi dalam satuan pendidikan, kesenjangan antara satuan Pendidikan negeri dan swasta di suatu wilayah, kesenjangan antardaerah, atau pun kesenjangan antarkelompok berdasarkan atribut tertentu).

Santri melaksanakan ANBK dalam pengawasan guru (Foto: Humas/2021)
Santri melaksanakan ANBK dalam pengawasan guru (Foto: Humas/2021)

Apa sih tujuan dari Asesmen Nasional itu? nih kami berikan ya. Jadi tujuannya untuk menunjukkan apa yang seharusnya menjadi tujuan utama satuan pendidikan, yakni pengembangan kompetensi dan karakter murid. Asesmen Nasional juga memberi gambaran tentang karakteristik esensial sebuah satuan pendidikan yang efektif untuk mencapai tujuan utama tersebut. Hal ini diharapkan dapat mendorong satuan pendidikan dan Dinas Pendidikan untuk memfokuskan sumber daya pada perbaikan mutu pembelajaran.

Santri melaksanakan ANBK mandiri di ruang komputer (Foto: Humas/2021)
Santri melaksanakan ANBK mandiri di ruang komputer (Foto: Humas/2021)
𝐏𝐞𝐥𝐚𝐤𝐬𝐚𝐧𝐚𝐚𝐧 𝐀𝐍𝐁𝐊 (𝐀𝐬𝐞𝐬𝐦𝐞𝐧 𝐍𝐚𝐬𝐢𝐨𝐧𝐚𝐥 𝐁𝐞𝐫𝐛𝐚𝐬𝐢𝐬 𝐊𝐨𝐦𝐩𝐮𝐭𝐞𝐫) alhamdulillah telah berjalan dengan lancar salah satu agenda besar kelas 8. ANBK semester gannjil ini dilaksanakan pada hari Senin dan Selasa, 04-05 Oktober 2021. Terima kasih untuk segenap santri yang telah berjuang selama 2 hari ini. Terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam agenda besar ANBK 2021. Pelaksanaan kegiatan ini tetap mamatuhi protokol kesehatan yang berlaku. Untuk pencegahan dari paparan virus corona.
(Admin)

Like it? Share with your friends!

0

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Share this
Chat
Hallo Sahabat Al Uswah
Admin ChatAl Uswah CentreWhatsApp
Dsu Al UswahWhatsApp