0

Alhamdulillah puji syukur kehadirat Allah Swt atas nikmat yang diberikan kepada SDIT Al Uswah Tuban. Allah telah melimpahkan karunia kepada keluarga besar lembaga kami.

Pada tanggal 8 Desember 2021 Badan Akreditasi Nasional Sekolah/ Madrasah (BAN-S/M) mengeluarkan Sertifikat Akreditasi Nomor: 1347/BAN.SM/SK/2021 menyatakan bahwa: SDIT Al Uswah Tuban NPSN: 20548363 alamat: Jalan Al Falah II gang Aluswah No.06 Kabupaten Tuban Jawa Timur. TERAKREDITASI A (Unggul) dengan Nilai 92.

Sertifikat ini berlaku sampai 31 Desember 2026. Perpanjangan status akreditasi ini diberikan berdasarkan penilaian system terhadap perkembangan kinerja sekolah/madrasah Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Perguruan Tinggi Republik Indonesia (Kemendikbud Ristek RI).

https://bansm.kemdikbud.go.id/pengumuman/read/pengumuman-hasil-akreditasi-s-m-tahun-2021

Kepala SDIT Al Uswah Tuban Ustaz Mulyadi mengatakan bersyukur kepada Allah Swt atas raihan ini. Kepada pihak yang telah membantu. Terima kasih kepada Kepala Bidang Pendidikan Aluswah Center Tuban Ustaz M Sahlan, Pengawas Sekolah Bu Rinda dan Bu Suti’ah. Kepada seluruh team SDIT dan  beserta anak-anak kelas 5 yang kemarin ikut ambil bagian di ANBK dan survei karakter serta dukungan dari wali murid semuanya.

Alhamdulillah dulu saat 2016-2021, dapat nilai 91 sudah akreditasi A/unggul. Di akhir tahun 2021, kami downlond di https://bansm.kemdikbud.go.id/sispena2020/login kami dapat nilai sempurna 92.

Terjadi kenaikan drastis dari 5 tahun yang lalu. Kami terus berbenah, sekarang sudah ada laboratorium bahasa, perpustakaan yang standard kabupaten dan pernah dapat juara, jumlah komputer yang cukup untuk program AKM, jumlah siswa naik dari tahun ke tahun, kelayakan dan kelengkapan sarana prasarana sekolah, jumlah kamar mandi, musola, barang-barang di kelas. Kami juga terus ada pembinaan dan prestasi guru dan siswa. Alhamdulillah jumlah siswa berprestasi ada kenaikan.

Ada tawaran untuk pengajuan ulang dari pengawas untuk diverifikasi langsung tatap muka, tapi kami coba online dengan penyiapan data pendukung yang terintegrasi setiap kala di laman Kemendikbud. Sehingga kami coba online saja, dan akhirnya keluar dengan hasil sangat baik. Ada sekolah lain juga dapat. Ada yang habis di tahun 2022 ada yang 2026 beda-beda tiap sekolah.

Adapun hal yang dinilai yakni; data di dasbord dapodik, AKM, survei karakter, dan survei lingkungan. SDIT Al Uswah Tuban habisnya tanggal 21 Oktober 2021 habis, kami tanya pengawas, dan kami sudah yakin bahwa hasilnya akan bagus.

Seperti diketahui bersama bahwa sistem dashboard akreditasi terintegrasi dengan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Kemendikbud Ristek dan Education Management Information System (Emis) Kementerian Agama (Kemenag). Selain mendapatkan data dari Dapodik dan Emis, monitoring juga akan mengacu pada data Asesmen Nasional (AN).

Dengan sistem baru ini, sekolah dan madrasah bisa terakreditasi secara otomatis, tanpa harus ada kunjungan dari asesor. sistem baru ini bisa meningkatkan kualitas menajemen akreditasi sekolah maupun madrasah di Indonesia.


Like it? Share with your friends!

0

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Share this
Chat
Hallo Sahabat Al Uswah
Admin ChatAl Uswah CentreWhatsApp
Dsu Al UswahWhatsApp