0

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban, melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Tuban terus melakukan vaksinasi kepada pelayan publik. Kali ini, vaksinasi yang terus digalakkan Pemkab menyasar kepada tenaga pendidik dan tenaga kependidikan.

Dalam vaksinasi ini, Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia Pusat Selasa (16/03) siang menggelar sidang pleno untuk memutuskan Fatwa Nomor 13 Tahun 2021 tentang Hukum Vaksinasi Covid-19 pada Saat Berpuasa. Ini menyusul sebulan lagi akan memasuki bulan Ramadan. Khusus terkait vaksinasi sendiri, Komisi Fatwa MUI Pusat sudah pernah mengeluarkan Fatwa Nomor 4 Tahun 2016 tentang Imunisasi. Artinya aman untuk masyarakat.

Keputusan juga tertuang dalam Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI yang telah mengeluarkan izin penggunaan darurat atau Emergency Use Authorization (EUA) dan jaminan keamanan (safety), mutu (quality), serta kemanjuran (efficacy) bagi Vaksin Covid-19 produksi Sinovac Life Sciences Co.Ltd.

Proses vaksinasi kepala SDIT Al Uswah dilaksanakan Jumat, (19/2/2021) pukul 09.00 – 11.00 WIB. Diikuti seluruh kepala sekolah SD Negeri/swasta di Kecamatan Tuban. Pelaksanaannya di UPTD Puskesmas Kebonsari Tuban. Hal ini bagaian dari dukungan sekolah pada program vaksinasi Covid-19 kepada pendidikan dan tenaga kependidikan. Semoga dengan program ini pembelajaran yang sudah satu tahun secara online bisa dilaksanakan secara offline atau tatap muka, kata Ustaz Mulyadi kepada Media Center Al Uswah.

Kepala SDIT Al Uswah Tuban saat menjalani program vaksinasi (Foto: Mulyadi/2021)
Kepala SDIT Al Uswah Tuban saat menjalani program vaksinasi (Foto: Humas/2021)

Saat proses vaksinasi dimulai dengan verifikasi data NIK dilanjutkan dengan verifikasi kesehatan dengan mengisi cek list kesehatan. Selanjutnya dari cek list tersebut dilanjutkan ke proses suntik vaksin di ruangan tertutup.

Sebelum disuntik dicek tekanan darah dan beberapa pertanyaan terkait riwayat kesehatan. Ada beberapa kepala sekolah yang tensinya naik karena agak “dredeg”.  Karena memang banyak informasi yang simpang siur terkait pasca vaksinasi.

“Alhamdulilah saya tadi lancar saat periksa tekanan dan proses vaksinasi saya awali dengan baca basmalah dan salawat untuk mengalihkan rasa takut atau was was,” ucap Kepala SDIT Al Uswah Tuban.

Setelah divaksin untuk memastikan semuanya berjalan dengan baik seluruh peserta harus isolasi 30 menit untuk memastikan ada tidaknya dampak vaksin serta sambil nunggu bukti keterangan ikut sertaan vaksinasi Covid-19.

Alhamdulilah efek dari vaksinasi tadi pagi ya biasa ada bekas yang disuntik. Terasa berbeda dengan sebelumnya. Alhamdulilah semuanya baik-baik saja.

Untuk LPIT Al Uswah Tuban telah dalam proses pembahasan dan pendataan guru, karyawan, dan tenaga kependidikan untuk dilakukan program vaksinasi. Semoga lancar dan membawa kebermanfaatn untuk semua.

(Admin)


Like it? Share with your friends!

0

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Share this
Chat
Hallo Sahabat Al Uswah
Admin ChatAl Uswah CentreWhatsApp
Dsu Al UswahWhatsApp