0

31 Juli 2003 – 31 Juli 2020, hari ini pas 17 tahun yang lalu Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) dilahirkan. Ibarat usia, yang terbilang remaja menuju kedewasaan untuk masa depan yang cerah. Mengabdi untuk bangsa dan memberikan terbaik di setiap generasinya.

JSIT adalah organisasi yang beranggotakan Sekolah Islam Terpadu dari seluruh Indonesia. Termasuk di dalamnya: Taman Kanak-kanak Islam Terpadu (TKIT) atau Pendidikan Anak Usia Dini, Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT), Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT), Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu (SMAIT).

Di Tuban sendiri masuk di Regional VI yang membawahi provinsi: Jawa Timur, Bali, NTB, dan NTT.

Di JSIT Indonesia mempunyai tugas penting sekolah yang harus diperankan pada kondisi bangsa yang dilanda “krisis” multi dimensi ini adalah membentuk sumber daya manusia yang berkualitas untuk mewujudkan kepemimpinan masa depan yang kuat. Yang berlandaskan karakter mulia dan berpendidikan terbaik.

Pencapaiantugas ini sangat ditentukan oleh efektifitas penyelenggaraan dan pengelolaan sekolah sebagaimana pesan Allah SWT, “… Dan tolong-menolonglah kalian dalam (mengerjakan) kebaikan dan takwa …” (QS. Al-Maaidah: 2).

Di usia yang ke tujuh belas tahun ini JSIT Indonesia berkomitmen kuat membangun bangsa. Oleh karena itu, meningkatkan kualitas sekolah merupakan salah satu komitmen penting para aktivis pendidikan dalam kaitannya dengan kepedulian peningkatan kualitas sumberdaya manusia masa depan. Berat memang. Namun, jika kita bersama-sama tetaplah bisa. Insyaallah.

Apalagi bangsa Indonesia saat ini tengah dilanda bencana non-alam, pandemi Covid-19. Tantangan baru telah kita hadapi. Segala faktor yang mendukung untuk terciptanya efektifitas tersebut menjadi tuntutan yang mesti diadakan, dan itu semua menuntut perhatian dan keterlibatan seluruh pihak dari setiap elemen masyarakat ini.

Seperti dilansir di JSITIndonesia.com, wujud penyelenggaraan dan pengelolaan sekolah yang berkualitas adalah menciptakan kerjasama yang efektif antar sekolah-sekolah yang memiliki visi, misi, dan cita-cita yang sama.

Melalui kerjasama inilah program-program strategis pemberdayaan institusi sekolah dapat terlaksana. Juga diharapkan dengan ini akan terjadi sinergi di antara sekolah-sekolah yang terlibat yang pada gilirannya melahirkan kreatifitas pemberdayaan sekolah secara berkelanjutan.

Di sisi lain, kerjasama efektif antara Sekolah-sekolah Islam Terpadu ini diharapkan juga dapat menjalankan peran untuk mempengaruhi kebijakan pendidikan nasional demi kemaslahatan penyelenggaraan pendidikan yang berkualitas.

Forum atau organisasi yang akan memungkinkan terjadinya kerjasama antara sekolah-sekolah tersebut menjadi tuntutan yang tak terelakkan, dan dengan ini Jaringan Sekolah Islam Terpadu Indonesia (JSIT INDONESIA) diharapkan dapat merealisasikan tujuan dan cita-cita tersebut.

Dengan harapan sebagaimana tersebut di atas itulah, maka dengan Rahmat Allah SWT Sekolah-sekolah Islam Terpadu di seluruh wilayah Indonesia berhimpun dalam wadah organisasi Jaringan Sekolah Islam Terpadu Indonesia (JSIT INDONESIA).

Selamat Milad JSIT Indonesia ke-17. Jaya selalu untuk kemajuan bangsa dan negara Indonesia.

(Admin)


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
1
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Share this
Chat
Hallo Sahabat Al Uswah
Admin ChatAl Uswah CentreWhatsApp
Dsu Al UswahWhatsApp
Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format