0

Alhamdulillah Allah menciptakan lidah sebagai salah satu indera perasa. Sehingga kita semua dapat merasakan nikmat rasa makanan. Ada asin, asam, manis, pahit merupakan rasa yang tak asing lagi bagi kita. Lidah memiliki fungsi penting dalam peran pengecapan rasa. Kita bisa membayangkan jika tak ada lidah apa yang akan terjadi? Tentu akan berkurang nikmat pada diri kita. Masyaallah begitu luar biasanya Allah memberikan rezeki pada kita semua.

Kita patut mensyukurinya dengan menjaga nikmat ini dengan tanggungjawab. Menggunakannya dengan sesuai porsinya. Makan barang yang halal dan toyyib. Menikmati rezekiNya dengan penuh syukur.

Anak-anak diajak oleh ustazah di akhir bulan tahun 2020 ini mengenal rasa asin dan manis melalui gula dan garam. Dua rasa yang disukai kebanyakan orang. Rasa manis pada gula bisa kita jumpai pada makan roti, muffin, dan kue lainnya. Sedangkan garam biasanya paling sering digunakan pada masakan dan sayur saat orang tua memasak di rumah. Kedua bahan tersebut berasal dari bahan yang berbeda namun sama sama meliliki fungsi penting bagi kehidupan kita. Karena perannya yang penting untuk memberi rasa campuran pada makan.

KBIT Al Uswah Tuban penting mendidik hal ini sebagai proses tumbuh dan kembang balita di masanya. Mengenal jenis rasa yang perlu dipahami anak. Sebab, pengenalan melalui pendidikan hal yang ampuh bagi anak. Mendidik dengan kebudayaan yang hakiki.

Masih pada mengenal rasa asin dan manis. Anak-anak diajak untuk mencoba sendiri gulan dan garam secara langsung tanpa campuran. Sehingga anak bisa merasakan dan bisa bereksperimen sendiri setelah itu. Apa yang terjadi jika roti dikasih garam.

Dan, apa yang terjadi jika kerupuk dimakan bersama dengan gula. Tentu mereka akan menemukan sesuatu yang baru. Mereka bisa menyimpulkan bahwa setiap makanan atau minuman yang ditaburi gula atau garam maka rasanya akan seperti ini.

Itulah tujuan dari sentra sains yaitu menemukan sesuatu yang baru. Anak bereksperimen dari sesuatu yang sederhana dari lingkungan sekitarnya. Menebak rasa sangat mudah, namun kebanyakan anak belum mengetahui nama konsep tersebut.

Terdapat beberapa anak yang mengerti rasa tersebut dengan sebutan enak dan tidak enak. Maka misal kita bertanya pada anak bagaimana rasa gula, maka anak akan menjawab “enak”. Seperti itu maka kita berinisiatif untuk memberikan kegiatan mengecap rasa agar mengetahui konsep dasar asin, manis. (Yul/ed)

(Admin)


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
1
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Share this
Chat
Hallo Sahabat Al Uswah
Admin ChatAl Uswah CentreWhatsApp
Dsu Al UswahWhatsApp
Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format