0

Pada dasarnya bermain air pada anak usia dini sangatlah menyenangkan. Hal-hal yang dirasa baru oleh anak akan membuatnya penasaran dan terus berkeinginan mencari jawaban. Air yang dingin, mengalir dan jernih bisa jadi sangat menarik perhatian anak.

Dengan mengangkat tema “Masyallah Eksplorasi Air Melatih Ketangkasanku” ustazah pagi itu mengajak anak-anak untuk bermain air. Yang diantara permainannya yaitu mengisi pipa yang sudah dilubangi dengan cara bekerjasama dengan teman lainnya, 1 anak mengisi air dan 3 anak lainnya menutup pipa yang sudah dilubangi dengan tangan mereka.

Agenda acara (Foto: Reny/2021)
Agenda acara (Foto: Reny/2021)

Apa yang terjadi ketika pipa yang sudah dilubangi dan terisi air tidak ditutup? Air akan tumpah dan keluar bercucuran melalui pipa yang lubang, itulah mengapa pipa yang lubang harus ditutup supaya air tidak keluar dan tumpah.

Salah satu siswi KBIT tengah mengisi air ke balon (Foto: Reny/2021)
Salah satu siswi KBIT tengah mengisi air ke balon (Foto: Reny/2021)

Permainan yang kedua yaitu mengisi balon dengan air. Ada banyak cara untuk menstimulasi tumbuh kembang pada anak. Salah satunya dengan menggunkan media balon, selain menarik balon karena warnanya yang beragam balon juga mempunyai bentuk yang sangat pas untuk membantu anak melatih motorik kasarnya.

Kerja tim untuk air tidak tumpah (Foto: Reny/2021)
Kerja tim untuk air tidak tumpah (Foto: Reny/2021)

Melalui permainan ini anak-anak membuka balon dan mengisinya menggunakan air kran, lama kelamaan balon ini akan melambung besar, ini menunjukkan air bisa menempati ruang yang kosong, kemudian ustazah membantu menali balon tersebut. Dan, mulailah anak-anak memainkannya dengan cara melempar balon ke tanah sehingga balon tersebut bisa berjalan memantul, anak-anak pun mulai berlarian mengejarnya.

Tim siswi KBIT mengisi air (Foto: Reny/2021)
Tim siswi KBIT mengisi air (Foto: Reny/2021)

Tujuan dari permainan ini adalah bukan hanya untuk melatih kemampuan motorik kasar pada anak tetapi juga melatih kecerdasan kinestetik, visual dan konsentrasinya. Anak akan belajar bagaimana cara mengkoordinasikan gerakan mata dan tangan serta bisa melatih kerjasama sesama teman-temannya. (Ren/ed)


Like it? Share with your friends!

0

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Share this
Chat
Hallo Sahabat Al Uswah
Admin ChatAl Uswah CentreWhatsApp
Dsu Al UswahWhatsApp